Sabtu, 09 Agustus 2008

Forum Sinergi Semester 1 tahun 2008

Seiring dengan berubahnya peran sistem informasi di TELKOM sebagai business enabler dari fungsinya yang dulu hanya sebagai support system, semakin banyak pula sistem informasi yang dikembangkan baik secara yang berskala nasional maupun regional untuk menciptakan pelayanan ke pelanggan yang lebih baik. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada tanggal 18 – 19 Juni 2008 lalu, tim IS-DC Regional I Sumatra dengan tim Operation & Maintenance Application Services (OMAS) dan O&M OSS Applications (OSS) beserta seluruh Functional Support dari IS Area Aceh sampai dengan IS Area Lampung dan juga perwakilan dari bagian Data Center dan Helpdesk-SLM menyelenggarakan Forum Sinergi Aplikasi (FSA) Semeseter I tahun 2008. Tujuan dari FSA ini adalah untuk mengkonsolidasikan dan mensinergikan seluruh Functional Support IS Area yang selama ini bersentuhan langsung dengan user-user di Kandatel dengan tim OMAS & OSS sebagai penyedia, pengembang dan pengantara layanan sistem informasi di level regional Divre.Pada saat pembukaan di hari pertama, OSM ISDC Regional I Sumatra, Bambang Sutopo menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan yang mendasari dari FSA ini, yaitu:1. Pengembangan & penyelenggaraan sistem informasi yang tertib, siapa yang memberikan sponsorship, siapa yang berfungsi sebagai Business Process Owner (BPO), dan siapa yang menjadi penyedia sistem.2. Efisiensi sumber daya, baik itu SDM / HR, infrastruktur, cost, dan waktu3. Pengkayaan aplikasi, baik dari sisi dokumentasi, fungsi, dan value, di mana aplikasi dapat berdaya guna dan dapat dikembangkan / semakin dikayakan secara berkesinambungan.4. Efektifitas aplikasi, yaitu penyelenggaraan sistem informasi yang standar, tersentralisasi, dan dapat sebagai enabler proses bisnis yang berlangsung dalam perusahaan.5. Atensi user, di mana sebuah sistem secara keseluruhan haruslah dapat dipahami, sehingga kemudian dikenal, dan pada akhirnya dipakai oleh user itu sendiri dengan baik.Acara yang selalu dimeriahkan oleh selingan pantun di tiap jeda acara dari MC kawakan, Gito Sukmono ini kemudian dilanjutkan dengan paparan review program kerja semester I 2008 dan fokus program kerja semester II 2008 dari masing-masing tim OMAS & OM OSS yaitu:1. Business Applications, yang fokus pada permasalahan CSS/SISKA, juga persiapan implementasi TIBS dan TICARES (INFUSION 2008).2. OSS Applications, yang fokus pada implementasi ITMS dan BAMS.3. Enterprise Applications, yang fokus pada implementasi EXISTS, Caring, dan juga persiapan TREMS4. Non Shared Service Applications, yang fokus pada implementasi SINTA, application integration & simplification dan juga platform standardization ke legal system, juga rencana-rencana pengembangan sistem-sistem ke depanDi hari kedua, acara ditujukan kepada review dan program kerja 2008, dan fokus pada permasalahan yang dihadapi oleh IS Area. Beberapa hal yang muncul di IS Area pada umumnya berkisar mengenai kebutuhan hardware, legal software, sentralisasi platform, dan dukungan informasi berupa sharing knowledge untuk sistem-sistem yang baru dan yang akan diimplementasikan. Di samping itu juga dari Data Center juga menyampaikan beberapa rencana kerja Data Center seperti konsolidasi server, capacity planning, dan beberapa monitoring tools yang berkaitan dengan keseharian tim-tim aplikasi dalam melakukan development dan operation & maintenance aplikasi. Dari Helpdesk-SLM menyampaikan hal-hal yang selama ini dihadapi dan himbauan kepada IS Area untuk menjaga KPI Helpdesk, KPI IS Area, dan KPI all bagian untuk mendukung pencapaian KPI secara total IS-DC Regional I Sumatra.Pada sesi paparan oleh Febri Egasmara sebagai Manager O&M Application Services IS-DC Regional I Sumatra, yang merangkumkan seluruh program kerja OMAS & OMOSS, bagaimana keterkaitannya dengan program kerja ISDC Regional I Sumatra dan ISC secara keseluruhan serta yang terutama bagaimana ISDC Regional I Sumatra dapat inline dengan program kerja Divisi Regional I Sumatra dalam mencapai target RKAP 2008. Juga disosialisasikan sekilas tentang INFUSION-2008 yang meliputi TENOSS, TICARES, TIBS, dan TREMS untuk nantinya mengawal implementasinya bersama-sama dengan BPO (Business Process Owner) masing-masing aplikasi.Dan pada akhir acara, di saat penutupan sekali lagi OSM ISDC Regional 1 mengingatkan kembali apa pentingnya acara ini dan hal-hal yang menjadi dasar FSA kali ini dan memberi pembekalan kepada peserta mengenai Telkom INDIGO dan peranan ISDC dalam menyukseskan INDIGO dan INSYNC 2014.Liburan ke Sengigi bukan untuk mencari batuSemoga dengan bersinergi, ISDC 1 dan Divre 1 selalu nomor satu !!Seiring dengan berubahnya peran sistem informasi di TELKOM sebagai business enabler dari fungsinya yang dulu hanya sebagai support system, semakin banyak pula sistem informasi yang dikembangkan baik secara yang berskala nasional maupun regional untuk menciptakan pelayanan ke pelanggan yang lebih baik. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada tanggal 18 – 19 Juni 2008 lalu, tim IS-DC Regional I Sumatra dengan tim Operation & Maintenance Application Services (OMAS) dan O&M OSS Applications (OSS) beserta seluruh Functional Support dari IS Area Aceh sampai dengan IS Area Lampung dan juga perwakilan dari bagian Data Center dan Helpdesk-SLM menyelenggarakan Forum Sinergi Aplikasi (FSA) Semeseter I tahun 2008. Tujuan dari FSA ini adalah untuk mengkonsolidasikan dan mensinergikan seluruh Functional Support IS Area yang selama ini bersentuhan langsung dengan user-user di Kandatel dengan tim OMAS & OSS sebagai penyedia, pengembang dan pengantara layanan sistem informasi di level regional Divre.Pada saat pembukaan di hari pertama, OSM ISDC Regional I Sumatra, Bambang Sutopo menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan yang mendasari dari FSA ini, yaitu:1. Pengembangan & penyelenggaraan sistem informasi yang tertib, siapa yang memberikan sponsorship, siapa yang berfungsi sebagai Business Process Owner (BPO), dan siapa yang menjadi penyedia sistem.2. Efisiensi sumber daya, baik itu SDM / HR, infrastruktur, cost, dan waktu3. Pengkayaan aplikasi, baik dari sisi dokumentasi, fungsi, dan value, di mana aplikasi dapat berdaya guna dan dapat dikembangkan / semakin dikayakan secara berkesinambungan.4. Efektifitas aplikasi, yaitu penyelenggaraan sistem informasi yang standar, tersentralisasi, dan dapat sebagai enabler proses bisnis yang berlangsung dalam perusahaan.5. Atensi user, di mana sebuah sistem secara keseluruhan haruslah dapat dipahami, sehingga kemudian dikenal, dan pada akhirnya dipakai oleh user itu sendiri dengan baik.Acara yang selalu dimeriahkan oleh selingan pantun di tiap jeda acara dari MC kawakan, Gito Sukmono ini kemudian dilanjutkan dengan paparan review program kerja semester I 2008 dan fokus program kerja semester II 2008 dari masing-masing tim OMAS & OM OSS yaitu:1. Business Applications, yang fokus pada permasalahan CSS/SISKA, juga persiapan implementasi TIBS dan TICARES (INFUSION 2008).2. OSS Applications, yang fokus pada implementasi ITMS dan BAMS.3. Enterprise Applications, yang fokus pada implementasi EXISTS, Caring, dan juga persiapan TREMS4. Non Shared Service Applications, yang fokus pada implementasi SINTA, application integration & simplification dan juga platform standardization ke legal system, juga rencana-rencana pengembangan sistem-sistem ke depanDi hari kedua, acara ditujukan kepada review dan program kerja 2008, dan fokus pada permasalahan yang dihadapi oleh IS Area. Beberapa hal yang muncul di IS Area pada umumnya berkisar mengenai kebutuhan hardware, legal software, sentralisasi platform, dan dukungan informasi berupa sharing knowledge untuk sistem-sistem yang baru dan yang akan diimplementasikan. Di samping itu juga dari Data Center juga menyampaikan beberapa rencana kerja Data Center seperti konsolidasi server, capacity planning, dan beberapa monitoring tools yang berkaitan dengan keseharian tim-tim aplikasi dalam melakukan development dan operation & maintenance aplikasi. Dari Helpdesk-SLM menyampaikan hal-hal yang selama ini dihadapi dan himbauan kepada IS Area untuk menjaga KPI Helpdesk, KPI IS Area, dan KPI all bagian untuk mendukung pencapaian KPI secara total IS-DC Regional I Sumatra.Pada sesi paparan oleh Febri Egasmara sebagai Manager O&M Application Services IS-DC Regional I Sumatra, yang merangkumkan seluruh program kerja OMAS & OMOSS, bagaimana keterkaitannya dengan program kerja ISDC Regional I Sumatra dan ISC secara keseluruhan serta yang terutama bagaimana ISDC Regional I Sumatra dapat inline dengan program kerja Divisi Regional I Sumatra dalam mencapai target RKAP 2008. Juga disosialisasikan sekilas tentang INFUSION-2008 yang meliputi TENOSS, TICARES, TIBS, dan TREMS untuk nantinya mengawal implementasinya bersama-sama dengan BPO (Business Process Owner) masing-masing aplikasi.Dan pada akhir acara, di saat penutupan sekali lagi OSM ISDC Regional 1 mengingatkan kembali apa pentingnya acara ini dan hal-hal yang menjadi dasar FSA kali ini dan memberi pembekalan kepada peserta mengenai Telkom INDIGO dan peranan ISDC dalam menyukseskan INDIGO dan INSYNC 2014.Liburan ke Sengigi bukan untuk mencari batuSemoga dengan bersinergi, ISDC 1 dan Divre 1 selalu nomor satu !!

Tidak ada komentar: